10 Cara Download Google Drive dengan IDM Terbaru 2020

Cara Download Google Drive dengan IDM – Para pengguna internet yang memiliki hobi download tentu saja tidak asing dengan yang namanya IDM atau Internet Download Manager. Dalam dunia internet, IDM sendiri merupakan sebuah aplikasi atau perangkat lunak yang mampu melakukan pengunduhan data dari internet dengan cepat.

Hebatnya lagi pengunduhan yang sedang di lakukan menggunakan IDM akan dapat kita hentikan sementara atau pause. Dengan begitu semua kontrol pengunduhan akan dapat kita lakukan untuk menyesuaikan kondisi kita. Tidak hanya sampai disitu, penggunaan IDM juga di klaim akan lebih menguntungkan karena kemungkinan gagal download lebih kecil.

Jika kalian menggunakan perangkat windows tentu saja menggunakan IDM mungkin menjadi hal yang wajib dan harus. Apalagi IDM yang di buat oleh developer asal Amerika Serikat, Tonec FZE juga di tawarkan dengan gratis meski hanya dengan fitur yang terbatas. Sementara untuk menggunakan fitur keseluruhannya kalian harus membeli software yang satu ini.

Bicara mengenai IDM, tentu akan ada banyak sekali hal yang bisa kita lakukan salah satunya adalah mendownload file dari Google Drive dengan menggunakan IDM. Cara download Google Drive dengan IDM mungkin akan banyak dipakai para pecinta film ataupun aplikasi. Mengingat Google Driver sendiri banyak digunakan untuk membagikan file-file ke internet.

Cara Download Google Drive dengan IDM Terbaru

Cara Download Google Driver dengan IDM

Dan seperti kami jelaskan diatas, dengan menggunakan IDM untuk mendownload file dari Google Drive bisa dipastikan bahwa kecepatan download akan meningkat dari 15% sampai 30%. Tidak heran apabila banyak sekali orang yang menggunakannya. Bahkan dengan IDM pun kalian bisa mengatasi limit download Google Drive.

Cara Download Google Drive dengan IDM

1. Pertama silahkan kalian buka salah satu file yang berada di Google drive dan ingin kalian download. Umumnya download google drive di PC akan otomatis berjalan menggunakan browser yang kalian gunakan.

Pilih File yang Akan di Download

2. Apabila file tersebut sudah mulai berjalan dengan muncul pada bagian taskbar, silahkan kalian batalkan pengunduhan tersebut dengan cara :

Batalkan Pengunduhan

  • Klik kanan pada file yang sedang terdownload
  • Kemudian klik cancel atau batal

3. Kemudian apabila sudah berhasil membatalkan berkas pengunduhan yang sedang dilakukan oleh browser. Lanjutkan dengan menekan kombinasi tombol CTRL + J pada halaman Google Chrome atau browser yang kalian gunakan untuk membuat menu download. Atau juga bisa kalian gunakan cara manual yaitu

  • Klik pada titik tiga di bagian kanan atas Google Chrome
  • Lalu pilih menu Download
  • Akan muncul tab baru berisikan semua file yang pernah kalian download sebelumnya termasuk file yang tadi kalian download lalu di batalkan.

4. Setelah tab download pada Google Chrome sudah terbuka cari file yang barusan kalian download. Biasanya ada pada bagian atas sendiri. Kemudian klik kanan pada link yang terlihat dan klik menu Copy Link Address.

Copy Link Download

5. Lalu silahkan buka aplikasi IDM (internet download manager) pada PC atau Laptop kalian.

6. Pada aplikasi IDM silahkan kalian pilih fitur Tambah yang ada dibagian kiri atas untuk memunculkan form tambah url.

Masukan URL ke Fitur Tambah IDM

7. Apabila sudah muncul, silahkan kalian paste atau tempel url/link yang sudah kalian copy diatas ke dalam kotak yang disediakan dan klik OK.

Paste Link Google Drive

8. Ketika kalian menekan OK, maka jendela baru akan muncul, yang dimana jendela tersebut menginformasikan file yang akan di download. Perhatikan semua data yang ada, jika  benar lanjutkan dengan klik Start Download / Mulai Download.

Klik Start Download

9. Jika semua cara diatas kalian ikuti dengan benar, maka proses download file dari Google Drive menggunakan IDM pun akan bisa berjalan seperti berikut ini.

Tunggu Hingga Proses Selesai

10. Silahkan tunggu hingga proses pengunduhan file Google Drive dengan IDM selesai.

Cara Praktis Download Google Drive via IDM

Cara diatas tentu sangat mudah untuk kalian ikuti. Apalagi jika kalian sudah memasangang ekstensi IDM pada browser yang kalian gunakan seperti Chrome ataupun Firefox. Maka kalian tidak perlu melakukan copy link download dari halaman download di browser kalian.

Lalu bagaimana caranya bisa downlod file Google Drive langsung dengan IDM tanpa harus mencopy link dan menambahkan link tersebut ke IDM ? Nah bagi kalian yang penasaran silahkan ikuti panduan berikut ini.

1. Pertama silahkan kalian ikui panduan nomor 1 sampai 3 pada cara diatas.

2. Setelah berada pada tab download di browser kalian, silahkan kalian klik kanan link file yang akan kalian download dan pilih Download With IDM seperti berikut ini.

Download With IDM

3. Tunggu hingga muncul file Download dan mulailah mendownload dengan menekan Mulai Download / Start Download.

4. Terakhir silahkan tunggu sampai proses download selesai.

Cara Mengatasi File Google Drive Tidak Terdeteksi di IDM

Dengan menggunakan fitur IDM untuk mendownload file di Google Drive memang akan membuat kalian bisa mendapatkan kecepatan yang lebih dibandingkan download tidak menggunakan IDM.

Hanya saja ada kejadian yang mungkin pernah kalian alami, yaitu file download di Google Driver tidak terdeteksi di software IDM, sehingga proses download akan terus – terusan di lakukan oleh browser yang kalian gunakan.

Sebenarnya hal ini bisa kalian atasi dengan beberala metode. Salah satu cara download file Gogole Driver yang tidak terdeteksi oleh aplikasi IDM adalah sebagai berikut.

  1. Pertama silahkan klik ikon titik tiga di bagikan kanan atas Google Chrome yang kalian gunakan.
  2. Kemudian klik menu More Tools dan pilih Exstension.
  3. Pastikan pada halaman Exstension tersebut muncul plugin IDM jika tidak ada silahkan kalian tambahkan plugin IDM ke dalam browser Chrome atau yang lainnya.
  4. Restart atau relauch aplikasi browser kalian dan silahkan kalian ulangi pengunduhan file tersebut.

Dari semua cara dan metode yang kami sampaikan diatas besar harapan kami tentu saja akan dapat membantu kalian yang ingin melakukan download file besar dari Google Driver ataupun dari penyedia lainnya. Semoga apa yang telah kami tulis bisa menjadi wacara yang menarik untu bisa kalian praktekan.