15 Cara Hapus Riwayat Penelusuran Google Chrome Android & PC

15 Cara Hapus Riwayat Penelusuran Google Chrome Android & PC

Loading...

Cara Hapus Riwayat Penelusuran Google Chrome – Setiap hari pasti kita sering menggunakan mesin pencari seperti Google Chrome untuk menggali sebuah informasi. Hanya dengan mengetik kata kunci tertentu, secara otomatis Google akan memberikan hasil yang kita inginkan.

Namun, ketika seseorang menjelajahi internet melalui peramban Google Chrome, aktivitas tersebut pastinya akan meninggalkan jejak berupa riwayat penelusuran. Dimana jejak ini secara otomatis muncul sebagai saran pencarian pada saat kalian mengetik keyword atau kata kunci serupa.

Perlu diketahui, riwayat atau history pencarian ini merupakan salah satu privasi yang perlu diperhatikan oleh pengguna Google Chrome. Mungkin akan timbul rasa tidak nyaman apabila ponsel atau tablet kalian dipinjam oleh orang lain dan mereka melihat riwayat penjelajahan di dalam peramban.

Loading...

Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menghapus riwayat pencarian Google Chrome. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara hapus riwayat penelusuran Google Chrome, baik itu di HP Android, laptop, komputer atau PC.

Cara Hapus Riwayat Penelusuran Google Chrome

Apa Itu Riwayat Penelusuran?

Sebelum membahas cara hapus riwayat penelusuran Google Chrome lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu pengertiannya. Riwayat penelusuran ialah sebuah halaman berisikan daftar situs yang telah dikunjungi di Google Chrome selama kurun waktu 90 hari terakhir.

Jika kalian login ke Google Chrome dan menyinkronkan riwayat pencarian, maka halaman histori akan menampilkan halaman yang telah dikunjungi dari seluruh perangkat dalam jangka waktu lebih lama. Namun jika kalian logout dari Google Chrome, maka halaman riwayat penelusuran tidak akan menampilkan halaman di seluruh perangkat lainnya.

Tujuan Hapus Riwayat Penelusuran Google Chrome

Tujuan Hapus Riwayat Penelusuran Google Chrome

Seperti dijelaskan di atas, salah satu alasan mengapa kalian harus menghapus riwayat penelusuran Google Chrome yaitu untuk menjaga privasi dari orang lain. Beberapa data yang akan hilang ketika melakukan penghapusan history Google Chrome yaitu seperti alamat web, pintasan ke halaman serta prediksi kolom URL.

Loading...

Selain itu, menghapus riwayat pencarian di Google Chrome juga berguna agar peramban tersebut kinerjanya menjadi semakin optimal. Pasalnya, menghapus history penjelajahan juga bisa menjadi salah satu CARA MENGATASI GOOGLE CHROME LEMOT.

Cara Hapus Riwayat Penelusuran Google Chrome Android

Setelah mengetahui alasan menghapus riwayat pencarian di Google Chrome, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara melakukannya. Daripada penasaran, di bawah ini kami berikan cara hapus riwayat penelusuran Google Chrome baik itu di Android, laptop, komputer atau PC secara keseluruhan.

Menghapus History Google Chrome Android

Sebenarnya langkah-langkah menghapus history penelusuran di Google Chrome Android sangat mudah untuk dilakukan. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti beberapa cara berikut ini.

  1. Buka aplikasi Google Chrome di ponsel atau tablet Android kalian.
    Buka Google Chrome Android
  2. Kemudian pilih menu Lainnya pada bagian kanan atas layar.
    Masuk Menu Lainnya
  3. Lalu silahkan masuk ke menu Histori.
    Masuk Menu Histori
  4. Setelah itu, klik Hapus data penjelajahan.
    Hapus Data Penjelajahan
  5. Pada kolom Rentang Waktu, pilihlah berapa banyak riwayat penelusuran yang hendak dihapus.
    Pilih Rentang Waktu
  6. Selanjutnya centang Histori Penjelajahan.
    Centang Histori Penjelajahan
  7. Terakhir, silahkan klik Hapus data.
    Klik Hapus Data Penelusuran Google Chrome

Menghapus History Google Chrome PC

Sementara di laptop atau komputer, cara hapus riwayat penelusuran Google Chrome juga tidak terlalu sulit untuk dilakukan, asalkan mengetahui bagaimana alur atau prosedurnya. Berikut adalah tutorial hapus history penelusuran di Google Chrome laptop, komputer ataupun PC.

  1. Buka Google Chrome di laptop, komputer/PC kalian.
    Buka Google Chrome PC
  2. Klik menu Lainnya pada pojok kanan atas layar.
    Klik Menu Lainnya
  3. Silahkan buka fitur Riwayat.
    Buka Fitur Riwayat Penelusuran Google Chrome
  4. Kemudian pilih kembali menu Riwayat.
    Pilih Menu Riwayat
  5. Di sebelah kiri layar, silahkan ketuk Hapus data penjelajahan.
    Pilih Hapus Data Penjelajahan
  6. Lalu pilihlah Rentang Waktu penghapusan riwayat penelusuran.
    Tentukan Rentang Waktu
  7. Selanjutnya centang kotak Histori Penjelajahan.
    Centang Kotak Histori Penjelajahan
  8. Cara terakhir, tap Hapus data.
    Tap Hapus Data Penelusuran Google Chrome

Perlu diingat, cara di atas dapat digunakan apabila riwayat penelusuran Google Chrome yang akan dihapus secara keseluruhan serta dalam rentang waktu cukup panjang. Selain itu, pengguna Google Chrome juga bisa memilih rentang waktu antara satu jam terakhir, 24 jam terakhir, 7 hari terakhir, 4 minggu terakhir ataupun sepanjang waktu (semua).

Di sisi lain, cara di atas juga bisa digunakan ketika hendak melakukan RESTORE GOOGLE CHROME. Sebab, dengan menghapus riwayat penelusuran, cache situs di browser Google Chrome juga secara otomatis biasanya akan ikut terhapus.

Demikian penjelasan dari Carago.id seputar tata cara hapus riwayat penelusuran Google Chrome, baik itu di HP Android, laptop, komputer ataupun PC. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak menghapus histori pencarian di Google Chrome.

Loading...