25 Cara Membuat Absen Online di Google Form : Mudah & Bisa Cetak

Cara Membuat Absen Online di Google Form – Sebagai pengajar atau guru yang hendak menjalani sistem belajar secara daring, maka akan membutuhkan daftar kehadiran murid. Maka dari itu, pembuatan absensi secara online di Google Form merupakan solusi tepat untuk mengatasi hal tersebut.

Sebenarnya, cara membuat daftar hadir peserta didik melalui Google Form ini cukup mudah untuk dilakukan, asalkan mengetahui bagaimana prosedurnya. Syarat utama dalam membuat absen online yaitu harus memiliki sebuah akun Gmail atau akun Google.

Perlu diketahui, presensi atau absensi online tersebut sangat membantu para pengajar ketika hendak mendata kehadiran mahasiswa atau siswa yang telah mengikuti pembelajaran. Jadi absen online ini sangat meringankan guru dalam merekap data kehadiran peserta didik.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai bagaimana tata cara membuat absen online di Google Form di PC ataupun laptop. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik tutorial yang akan kami berikan di bawah ini.

Cara Membuat Absen Online di Google Form

Cara Membuat Absen Online di Google Form

Seperti dijelaskan di atas, syarat utama agar bisa membuat daftar hadir online di Google Form yaitu harus memiliki akun Gmail. Terlebih lagi, absensi online melalui Google Form ini sudah dilengkapi dengan fitur MENGATUR WAKTU serta tanda tangan sehingga menjadi lebih menarik. Untuk lebih jelasnya dapat kalian simak cara membuat absen online di Google Form di bawah ini.

1. Buka Google Form

Buka Google Form

Langkah pertama yaitu kunjungi Google Form dan klik Buka Google Formulir.

2. Buat Formulir Baru

Buat Formulir Baru

Selanjutnya apabila baru pertama kali membuat formulir absen online, silahkan klik ikon plus.

3. Berikan Nama Absen

Berikan Nama Absen

Lalu isi pada kolom bagian atas nama absen, sebagai contoh Absen Online. Pada bagian deskripsi formulir ini oposional, boleh diisi atau tidak.

4. Kolom Nama Siswa

Kolom Nama Siswa

Kemudian pada kolom di bawahnya lanjutkan dengan mengisi nama siswa. Silahkan tuliskan Nama Siswa dan pilih jenis pertanyaan Jawaban Singkat. Jangan lupa untuk mengaktifkan pilihan Wajib diisi pada pojok kanan bawah.

5. Buatlah Kolom Baru

Buatlah Kolom Baru

Cara selanjutnya yaitu pembuatan pilihan kelas siswa. Untuk menambahkan kolom pertanyaan baru, klik tombol Salin.

6. Kolom Nomor Absen

Kolom Nomor Absen

Setelah itu, tahap berikutnya yaitu membuat kolom nomor absensi peserta didik. Manfaatkanlah model Drop-down dan masukkan nomor absensi semua peserta didik.

7. Membuat Daftar Pilihan Kelas

Membuat Daftar Pilihan Kelas

Cara membuat absen online di Google Form selanjutnya yaitu pemilihan daftar kelas. Kalian bisa menggunakan fitur Kotak Centang ataupun Drop-down. Tuliskan nama kelas, misalkan Kelas 10 lalu tekan enter untuk membuat pilihan kelas selanjutnya.

8. Membuat Daftar Pilihan Hari

Membuat Daftar Pilihan Hari

Tahap berikutnya yaitu membuat pilihan daftar hari. Silahkan pilih jenis pertanyaan Drop-down serta tuliskan jadwal hari sesuai jadwal mengajar.

9. Kirim Absen Online

Kirim Absen Online

Apabila absen online yang dibuat sudah jadi, maka klik Kirim untuk memberikan link tersebut kepada para murid.

10. Membuat Link

Membuat Link

Terakhir, pilih jenis link kemudian centang Perpendek URL lalu salin link dengan mengeklik Salin. Jika sudah sampai tahap ini, maka absen online sudah berhasil dibuat.

11. Contoh Tampilan Absen Online

Cara Melihat Absensi Online

Setelah mengerti bagaimana cara membuat absen online di Google Form, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara melihat hasil atau respons para siswa. Nah, berikut akan kami berikan tata cara melihat hasil absensi online murif-murid.

1. Membuat Halaman Baru

Membuat Halaman Baru

Pertama, klik tombol Respons dan pilih tanda plus berwarna hijau yang ada di bagian samping kanan.

2. Membuat Spreadsheet

Membuat Spreadsheet

Akan muncul halaman mengenai Pilih tujuan tanggapan. Selanjutnya Buat spreadsheets serta tulis nama file absen, sebagai contoh Absen Online dan klik Buat.

3. Melihat Hasil Absen

Melihat Hasil Absen

Terakhir akan muncul data-data berupa persentase siswa yang hadir pada formulir absensi tersebut. Sedangkan pada file spreadsheet akan menampilkan daftar hadir murid dalam bentuk data Excel.

Cara Cetak Hasil Absen Online di Google Form

Cara Cetak Hasil Absen Online di Google Form

Setelah semua murid atau siswa sudah mengisi daftar hadir, kalian juga bisa mencetak absensi tersebut melalui halaman spreadsheet. Cukup dengan menekan Ctrl + P secara bersamaan ataupun dengan mengeklik ikon print pada fitur spreadsheet tersebut.

FAQ

Apakah Absen Online di Google Form Bisa Diberi Batas Waktu?

Tentu bisa, namun harus memerlukan aplikasi pihak ketiga seperti FormLimiter agar dapat memberlakukan batas waktu daftar hadir.

Kenapa Murid Tidak Bisa Mengakses Absen Online di Google Form?

Hal itu bisa saja disebabkan karena murid atau peserta didik yang hendak mengisi formulir absen online belum login ke akun Google.

Demikian penjelasan yang dapat Carago.id sampaikan kali ini mengenai tata cara membuat absen online di Google Form beserta cara melihat hasil absensi para murid. Semoga ulasan di atas bermanfaat serta bisa kalian jadikan gambaran ketika hendak membuat absensi online melalui Google Form.