6 Cara Membuat Akun Google Scholar dengan Mudah

Loading...

Cara Membuat Akun Google Scholar – Google Shcolar merupakan sebuah alat pengindeks hasil karya ilmiah yang dipublikasikan. Disamping dapat dimanfaatkan sebagai sumber rujukan dalam penulisan artikel tentang ilmiah. Alat ini pertama kali diluncurkan Google pada tahun 2004 dan dapat dijadikan sebagai tolak ukur prestasi ilmuwan dalam menghasilkan sebuah karya ilmiah.

Seperti sudah kita singgung tadi bahwa akun Google Scholar ini masih jarang dimiliki oleh para ilmuwan atau dosen ilmiah. Hal ini bisa dibilang masih ada beberapa dari mereka yang belum memiliki akun Google Scholar atau belum mendaftar akun Google Scholar. Nah berbicara mengenai hal ini kami akan membahas mengenai informasi bagaimana cara membuat akun Google Scholar dengan mudah.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan sebelum mendaftar akun Google Scholar ini. Pertama-tama siapkan alamat email terlebih dahulu yang sudah terverifikasi dengan ekstensi ac.id, or.id atau org. Ini merupakan syarat utama untuk mendaftar akun Google Scholar.

Dan ingat, email tersebut tidak dapat dibuat sendiri layaknya Gmail, akan tetapi harus meminta kepada instansi tempat kalian bekerja untuk dibuatkan. Baiklah daripada penasaran bagimana caranya lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai cara membuat akun Google Scholar berikut ini.

Cara Membuat Akun Google Scholar dengan Mudah

Cara Membuat Akun Google Scholar

1. Pertama persiapkan terlebih dahul email yang sudah dibuat dari pihak atau instansi tempat kalian bekerja.

Loading...

2. Buka alamat laman Google Scholar. Jika sudah login, maka akan langsung diarahkan ke menu Google Scholar. Namun jika belum login maka nanti akan diarahkan ke laman login terlebih dahulu.

3. Klik masuk pada bagian kanan atas layar pada PC. Jika sudah memiliki akun, kalian dapat memasukkannya dikolom yang sudah disediakan. Tetapi jika baru akan mendaftar, klik Create an Account untuk melakukan pendaftaran.

4. Selanjutnya isi profil data diri dengan benar. Keterangan yang dibutuhkan dalam pengisian profil adalah nama lengkap, nama instansi, alamat email berekstensi lembaga/instansi, bidang keilmuan, alamat website (opsional).

5. Lalu menambahkan artikel. Caranya ada 2 yakni dengan manual atau otomatis. Cara manual dapat dilakukan dengan cara klik satu persatu artikel yang sudah di publish di internet. Sedangkan untuk cara yang kedua yakni cara otomatis ini memiliki kelemahan dimana sering kali artikel yang bukan milik kalian masuk di akun yang kalian buat.

6. Setelah semua selesai, klik Make Public. Hal ini agar profil Google Scholar kalian dapat dilihat dan disitasi oleh orang lain.

Nah itulah beberapa cara membuat akun Google Scholar dengan mudah. Kami menyarankan untuk penggunaan opsi otomatis dalam menambahkan artikel kemungkinan banyak validitasnyakurang, karena memungkinkan artikel milik orang lain masuk ke akun kalian. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat. Sekian, terima kasih.

Loading...