8 Cara Menampilkan Rute Pesawat di Google Earth 2021

Loading...

Cara Menampilkan Rute Pesawat di Google Earth – Tanah air belum lama ini telah digemparkan dengan kabar bahwa Pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu. Kecelakaan ini tentu membuka duka di awal tahun.

Data paling awal dari pesawat tersebut tersaji melalui aplikasi Flightradar24, dengan menampilkan rute bandara Soekarno-Hatta dan kemudian menghilang di atas perairan Kepulauan Seribu.

Bukan hanya dapat ditampilkan secara 2D, penerbangan pesawat Sriwijaya Air SJ182 juga dapat ditampilkan secara 3D dengan menggunakan Google Earth. Visual ini tentunya dapat membantu penyelidik.

Disamping mensimulasikan posisi, tampilan rute 3D juga menampilkan posisi ketinggian dan heading (arah pesawat). Selain itu kita juga memerlukan data KML (Keyhole Markup Language) riwayat penerbangan yang dimaksud. Data KML ini dapat diunduh melalui Flightradar24.

Cara Menampilkan Rute Pesawat di Google Earth

Cara Mendapatkan Data KML (Keyhole Markup Language) Rute Pesawat

1. Buka Aplikasi Flightradar24

Pertama buka aplikasi Flightradar24 yang sudah terinstal di smartphone Android atau iPhone kalian. Aplikasi ini dapat kalian download melalui Play Store atau App Store.

Buka Aplikasi Flightradar24

2. Ketik Nomor Penerbangan Pesawat

Kemudian ketik nomor penerbangan Pesawat di kolom pencarian.

Masukkan Nomor Penerbangan

3. Pilih Data Penerbangan

Setelah muncul nomor penerbangan yang dimaksud, kalian dapat pilih data penerbangan mulai dari tanggal, bulan dan tahun.

Pilih Data Penerbangan

4. Klik Download KML

Selanjutnya kalian dapat download KML di bagian kanan. Lalu simpan data tersebut di file HP atau Google Drive kalian.

Loading...
Download KML

Tutorial Menampilkan Jalur Penerbangan Pesawat di Google Earth

1. Pertama Buka Aplikasi Google Earth

Pertama kalian dapat buka aplikasi Google Earth di PC/HP kalian.

Buka Aplikasi Google Earth

2. Pilih Menu Project

Lalu kemudian pilih menu 3 garis di bagian kiri dan pilih menu Project.

Pilih Menu Project

3. Import File KML

Selanjutnya klik buka dan pilih Import File KML. Import file tersebut dari Google Drive atau file tempat dimana kalian menyimpan data KML tersebut.

Import File KML

4. Tampilan Riwayat Penerbangan Pesawat

Nantinya Google Earth akan menampilkan riwayat data penerbangan pesawat yang kalian maksud secara 3 Dimensi.

Visualisasi 3 Dimensi Rute Penerbangan Pesawat

Disini kalian juga dapat mengubah sudut pandang 360 derajat melalui menu yang ada di bagian pojok kanan bawah tampilan Google Earth. Data yang ditampilkan juga sangat lengkap, mulai dari start penerbangan, jalur, ketinggian pesawat, kecepatan dan lain sebagainya.

Nah itulah beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk menampilkan rute penerbangan pesawat dengan menggunakan aplikasi Flightradar24 dan Google Earth.

Dan perlu kalian ketahui bahwa untuk mendownload data KML di Flightradar24, kalian harus subscribe ke akun Silver atau Gold dengan biaya Rp 129.00/tahun untuk Silver dan Rp 469.000/tahun untuk Gold.

Mungkin hanya ini saja yang dapat carago.id sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Loading...