5 Cara Merekam Google Meet : Manfaat & Lokasi Penyimpanan

Loading...

Cara Merekam Google Meet – Merebaknya virus Corona atau COVID-19 yang sampai saat ini belum juga reda membuat seluruh kegiatan atau seluruh aktivitas sangat berubah total. Hal tersebut juga terjadi pada beberapa lembaga perkantoran yang membuat para pekerja harus melakukan dan menyelesaikan pekerjaan mereka dirumah.

Ditambah lagi dengan adanya seruan untuk tidak keluar rumah jika memang tidak begitu penting. Untuk membuat aktivitas pekerjaan tetap bisa dijalankan dari rumah, salah satu perusahaan ternama dunia yaitu Google merilis sebuah layanan baru yang bernama Google Meet untuk mempermudah para pekerja untuk tetap dapat melakukan rapat.

Namun rapat disini merupakan rapat yang dilakukan secara online dengan memanfaatkan layanan Google Meet tersebut. Lalu bagaimana cara menggunakan Google Meet? Untuk mengunakannya sebenarnya cukup mudah dan simple seperti yang sudah pernah kami bagikan. Dimana dalam penggunaannya Google Meet kita juga disugihi berbagai macam fitur.

Salah satu fiturnya adalah merekam video rapat di Google Meet. Yang dimana dengan rekaman video rapat tersebut, maka kalian akan dapat mengulang hasil rapat apabila kalian lupa point yang disampaikan didalam rapat tersebut. Namun tidak semua orang tahu bagaimana cara merekam Google Meet tersebut meskipun sudah menggunakannya cukup lama.

Cara Merekam Gogole Meet : Manfaat & Lokasi Penyimpanan

Cara Merekam Google Meet

Bukan hanya itu bahkan ada juga para pengguna yang sudah bisa melakukannya namun tidak mengetahui dimana lokasi atau letak hasil video rekaman Google Meet tersebut. Melihat kesulitan para pengguna tersebut, tidak ada salahnya kali ini carago.id rangkumkan bagaimana mudahnya cara merekam video rapat di Google Meet.

Syarat Agar Bisa Merekam Video Google Meet

Sebelum kalian melakukan perekaman video rapat Google Meet yang akan kalian lakukan. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar kalian bisa melakukan perekaman tersebut. Syarat utama ini antara lain :

  1. Kalian harus memiliki akun G-Suit.
  2. Kalian merupakan penyelenggara rapat.
  3. Kalian berada pada organisasi yang sama dengan penyelenggara rapat.

Dari syarat utama diatas, bisa disimpulkan bahwa apabila kalian ingin melakukan rekaman video rapat, maka kalian harus menjadi penyelenggara rapat (host).

Cara Merekam Video Rapat Google Meet

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, cara untuk merekam video Google Meet bisa dibilang cukup mudah. Dimana kita tidak perlu lagi menggunakan aplikasi tambahan karena memang Google sebagai developernya sudah menyediakan fitur khusus untuk bisa digunakan merekam video rapat tersebut.

Bagi kalian yang ingin mengetahui cara merekam Google Meet, berikut kami rangkumkan secara rinci langklah demi langkahnya.

1. Langkah pertama silahkan kalian buka aplikasi Google Meet di PC atau Laptop ketika akan melakukan rapat .

2. Setelah itu silahkan kalian klik join rapat atau panggilan yang sedang berlangsung melakui link meet.google.com.

Loading...

3. Apabila sudah bergabung, silahkan kalian klik pada bagian atau menu more option yang ditandai dengan simbol titik tiga horizontal yang ada dibagian kanan bawah.

Pilih Titik Tiga atau Menu More

4. Setelah itu silahkan kalian pilih menu Record Meeting atau Rekam Rapat.

Pilih Record Meeting

5. Apabila rapat sudah selesai, langsung saja kalian klik stop recording dan otomatis akan menyimpan hasil rekaman tersebut.

Seperti itu kiranya bagaimana mudahnya cara merekam video rapat Google Meet yang bisa kalian lakukan. Dengan cara ini tentu saja kalian tidak perlu lagi menggunakan aplikasi tambahan untuk merekam video rapat tersebut. Cukup mudah bukan ?

Lokasi Penyimpanan Hasil Rekaman Google Meet

Lokasi Penyimpanan Record Google Meet

Masih banyak pengguna Google Meet yang berhasil melakukan perekaman video rapat di Google Meet. Namun sayangnya mereka tidak mengetahui dimana lokasi penyimpanan hasil rekaman tersebut. Jadi tidak ada salanya kami bagikan juga infomrasinya disini.

Untuk melihat kembali hasil video rekaman Google Meet yang sudah kalian buat. Kalian harus membuka akun Google Drive kalian jika memang kalian yang membuat rapat atau host dirapat tersebut. Yang dimana hasil rekaman tersebut tersimpan di folder rapat bernama Meet Recordings.

Dalam folder tersebut kalian akan menjumpai dua macam file didalamnya. yaitu file video dengan format .mp4 dan teks yang berisi rekaman percakapan yang dilakukan pada kolom chat saat rapat sedang berlangsung.

Manfaat Merekam Video Google Meet

Dengan melakukan rekam video rapat di Google Meet tersebut, tentu saja akan ada banyak manfaat yang bisa kalian dapatkan. Diantaranya adalah  :

  1. Rekaman yang kalian buat dapat kalian tonton ulang untuk mengingatkan isi atau point rapat.
  2. Bisa juga kalian jadikan sebagai bukti dokumentasi untuk presentasi ataupun yang lainnya.
  3. Atau juga bisa menjadi kenang-kenangan bahwa kalian pernah melakukan kerja dari rumah di masa Pandemi ini.

Bagaimana cukup mudah bukan cara merekam Google Meet ini? tentu saja kalian akan dapat melakukannya sendiri ketika sudah menyimak artikel terbaru dari Carago.id diatas. Karena memang pada dasarnya fitur recordings tersebut sudah disediakan langsung oleh pihak Google.

Loading...