15 Google Chrome Tidak Bisa Dibuka? Penyebab & Cara Mengatasi

15 Google Chrome Tidak Bisa Dibuka? Penyebab & Cara Mengatasi

Loading...

Google Chrome Tidak Bisa Dibuka – Seperti kita ketahui bahwa Google Chrome merupakan browser yang sangat populer. Bagi para pengguna Internet tentu lebih memilih menggunakan Chrome dibandingkan dengan mesin pencarian lainnya.

Google Chrome saat ini juga bukan hanya dapat diakses di browser desktop seperti Laptop ataupun PC, melainkan sudah tersedia sebagai aplikasi bawaan di smartphone Android. Namun terkadang ada beberapa masalah yang kerap terjadi, yakni Google Chrome tidak bisa dibuka.

Ketika kalian sedang sibuk mencari bahan untuk pekerjaan, lalu Google Chrome tersebut tidak bisa dibuka tentunya akan sangat menjengkelkan bukan? Biasanya ada beberapa penyebab yang menjadikan Google Chrome yang terinstal di HP ataupun di browser tidak dapat dibuka.

Loading...

Untuk mengatasi masalah error yang ada di Chrome tidaklah sama ketika kalian mengatasi MASALAH YOUTUBE ERROR 503. Baiklah, daripada penasaran lebih baik langsung saja simak tutorial mengatasi Google Chrome error dan tidak bisa dibuka berikut.

Google Chrome Tidak Bisa Dibuka

Tutorial Mengatasi Masalah Chrome Tidak Bisa Dibuka di Komputer/PC/Laptop

Google Chrome yang error biasanya memiliki penyebabnya. Sebelum mengatasi masalah tersebut, kalian dapat mencari terlebih dahulu penyebabnya. Ketika sudah mengetahui apa penyebabnya, kalian dapat mengikuti langkah-langkah mengatasi masalah Google Chrome tidak bisa dibuka di HP Android berikut.

1. Hapus Preferences File

Pertama kalian dapat menghapus file preferences di folder Chrome. Biasanya folder inilah faktor penyebab mengapa Google Chrome tidak bisa dibuka. Untuk langkahnya, simak berikut ini.

Hapus Preferences File 1
  • Buka File Explorer.
  • Masuk ke C:Users/Nama PC/AppData/Local/GoogleChrome/Users/ Data/Default.
  • Kemudian cari file bernama Preferences kemudian tekan delete.
  • Jika sudah terhapus, silakan buka kembali Google Chrome kalian.

Penting untuk diketahui bahwa langkah diatas merupakan langkah dasar yang biasa digunakan untuk mengatasi Chrome tidak bisa dibuka. Langkah diatas juga dapat dipraktikan untuk windows 10, 8 dan 7.

2. Nonaktifkan Sandbox

Langkah kedua adalah dengan mematikan sandbox. Untuk langkah-langkahnya simak di bawah ini.

Loading...
Nonaktifkan Sandbox
  • Letakkan icon Google Chrome ke Desktop kalian.
  • Kemudian klik kanan pada icon dan pilih properties lalu masuk ke tab Shortcut.
  • Pada target, tambahkan kode -no-sandbox paling belakang.

Untuk cara ini kerap dilakukan ketika di lab komputer sekolah. Biasanya banyak beberapa komputer yang tidak bisa membuka Chrome dan berhasil diatas dengan menggunakan cara diatas.

3. Mengupdate Google Chrome

Update Versi Terbaru Google Chrome di PC

Langkah ketiga adalah dengan mengupdate versi terbaru dari Google Chrome itu sendiri. Setiap versi Google Chrome tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Setiap kali melakukan update, developer Google Chrome akan selalu memperbaiki masalah-masalah yang kerap muncul di versi sebelumnya. Usahkan untuk mengunduh versi terbaru di website resminya.

Tutorial Mengatasi Masalah Chrome Tidak Bisa Dibuka di Android

Bukan Chrome di PC saja yang kerap mengalami masalah, Chrome di HP Android juga kerap mengalami masalah serupa. Nah untuk mengatasinya, simak tutorial berikut ini.

1. Hentikan Aplikasi Secara Paksa

Menghentikan aplikasi memang kurang baik, karena memiliki efek buruk terhadap ponsel tersebut. Namun terkadang hal ini diperlukan ketika ada masalah di Chrome yang terinstal di HP kalian.

Hentikan Aplikasi Secara Paksa
  • Pertama buka pengaturan di HP Android.
  • Pilih menu Aplikasi.
  • Cari dan buka pengaturan Google Chrome.
  • Klik Paksa Berhenti atau Force Stop.

2. Hapus Cache Aplikasi

Kemudian dengan menghaps cache aplikasi. Penghapusan ini juga mudah untuk dilakukan, simak di bawah ini.

Hapus Cache Aplikasi
  • Pertama buka pengaturan di HP Android.
  • Lalu pilih menu Aplikasi.
  • Cari dan buka pengaturan Google Chrome.
  • Klik Clear Cache atau Hapus Cache.

3. Hapus Data Aplikasi

Selanjutnya dengan menghapus data aplikasi Chrome. Caranya simak berikut ini.

Hapus Data Aplikasi
  • Pertama buka pengaturan di HP Android.
  • Lalu pilih menu Aplikasi.
  • Cari dan buka pengaturan Google Chrome.
  • Klik Clear Data atau Hapus Data.

4. Update Versi Terbaru Google Chrome

Update Versi Terbaru Google Chrome

Sama halnya dengan di PC, update Chrome di versi terbaru dapat menjadi opsi terakhir untuk memperbaiki masalah yang terjadi di Google Chrome tersebut. Kalian dapat mengunduh versi terbaru melalui Play Store atau unduh manual melalui Google.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat carago.id sampaikan mengenai masalah Google Chrome tidak bisa dibuka. Hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Loading...